Mahasiswa Teknologi Komputer UBSI Kampus Purwokerto

Pengertian Dan Jenis- Jenis Transistor

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai transistor, apa pengertiannya dan fungsinya serta jenis transistor secara lengkap langsung saja simak  ya !

A.Pengertian Transistor

Transistor adalah komponen semikonduktor yang memiliki berbagai macam fungsi seperti sebagai penguat, pengendali, penyearah, osilator, modulator dan lain sebagainya. Bisa dibilang merupakan salah satu komponen semikonduktor yang paling banyak ditemukan dalam rangkaian-rangkaian elektronika.

Transistor pertama kali ditemukan oleh tiga orang fisikawan yang berasal Amerika Serikat pada akhir tahun 1947 mereka adalah  John Bardeen, Walter Brattain, dan William Shockley.Dan jenis yang ditemukan saat itu adalah transistor Bipolar dan sejak itu mulai berkembang jenisnya.

B.Jenis-jenis Transistor

Secara umum jenis transistor dapat dikategorikan menjadi 2(dua) yaitu Transistor Bipolar dan Transistor Efek Medan(Field Effect Transistor).Berikut ini penjelasannya.

1.Transistor Jenis Bipolar

Jenis Transistor Bipolar

Transistor bipolar terdiri dari 3 kaki, yaitu Kolektor, emitor dan basis.Transistor jenis ini merupakan transistor paling populer dan paling banyak digunakan pada rangkaian elektronika.

Karakteristik dari transistor bipolar adalah memiliki impedansi input yang rendah, sedangkan outputnya memiliki impedansi tinggi. Hal ini dapat menjadi kelebihan dan kekurangan pada transistor bipolar, misalnya impedansi input yang rendah pada transistor bipolar akan membuat pembebanan di sirkuit. Namun hal ini dapat diatasi dengan menggunakan rangkaian tambahan sehingga impedansi input dapat menjadi tinggi. Transistor ini terdiri dari dua jenis jika ditinjau dari struktur bahan semikonduktornya, yaitu transistor PNP dan transistor NPN.

  • Transisor Bipolar NPN (Negatif Positif Negatif)

Diantara bahan semikonduktor tipe-N ditempatkan bahan semikonduktor tipe-P.Sehingga arus akan mengalir dari kolektor ke emitor ketika basis diberikan arus positif.Berikut ini lambang transitror tipe NPN.

Lambang NPN

  • Transisor Bipolar PNP (Positif Negatif Positif)

 

Diantara bahan semikonduktor tipe-P ditempatkan bahan semikonduktor tipe-N.Sehingga arus akan mengalir dari kolektor ke emitor ketika basis diberikan arus negatif.Berikut lambang transistor tipe PNP.

Lambang Transistor PNP

2.Transistor Jenis Efek Medan(Field Effect Transistor)

Transistor Jenis FET sama dengan jenis Bipolar yaitu memiliki tiga kaki hanya saja dengan nama yang berbeda yaitu gerbang (gate), sumber (source) dan pembuangan (drain). Dan jenis transistor ini juga terbagi menjadi tiga yang meliputi Junction Field Effect Transistor (JFET), Metal Oxide Semikonductor Field Effect Transistor (MOSFET) dan Uni Junction Transistor (UJT),berikut ini penjelasannya :

  • JFET (Junction Field Effect Transistor)

JFET biasanya digunakan pada rangkaian saklar elektronik, penguat dan sebagai resistansi elektronik. Merupakan transistor efek medan yang menggunakan persimpangan (junction) p-n bias terbalik sebagai isolator antara Gerbang (Gate) dan Kanalnya.

JFET memiliki dua tipe, yaitu JFET tipe P dan JFET tipe N.Berikut ini lambang transistor tipe-N chanel dan tipe-P chanel :

Lambang JFET

  • MOSFET (Metal Oxide Semikonductor Field Effect Transistor

MOSFET merupakan salah satu jenis transistor yang memiliki fungsi khusus. Merupakan transistor efek medan yang menggunakan Isolator (biasanya menggunakan Silicon Dioksida atau SiO2) diantara Gerbang (Gate) dan Kanalnya. Transistor jenis ini terbagi menjadi dua jenis konfigurasi yaitu MOSFET Depletion dan MOSFET Enhancement yang masing-masing jenis MOSFET ini juga terbagi menjadi MOSFET Kanal-P (P-channel) dan MOSFET Kanal-N (N-channel).Berikut ini lambang dari tipe-P chanel dan tipe-N chanel :

Lambang Jenis Transistor MOFSET

  • UJT (Uni Junction Transistor)

UJT digunakan khusus sebagai pengendali (switch) dan tidak dapat dipergunakan sebagai penguat seperti jenis  lainnya. Hal itu karena pengoperasiannya menggunakan medan listrik atau tegangan sebagai pengendalinya. Berbeda dengan jenis FET lainnya, UJT mememiliki dua terminal Basis (B1 dan B2) dan 1 terminal Emitor. Berikut ini lambang dari transistor UJT :

Transistor UJT

Itulah pembahasan kita mengenai transistor semoga dapat membantu dan menambah wawasan kita tentunya. Terimakasih sudah membaca 😀

Tinggalkan komentar